Lifestyle

Cara mendapatkan diskon listrik 50% dari PLN

Pemerintahan putuskan perpanjang stimulan bidang ketenagalistrikan berbentuk potongan harga tagihan listrik semenjak Juli sampai September 2021. Ini dilaksanakan untuk kurangi beban warga, khususnya saat diaplikasikannya Pemerlakukan Limitasi Aktivitas Warga (PPKM) Darurat.

Merespons peraturan pemerintahan ini, PT PLN (Persero) sebagai operator kelistrikan negara ini akui siap jalankan keputusan pemerintahan.

Direktur Niaga dan Management Konsumen setia PLN Bob Saril menjelaskan, perseroan selalu memberikan dukungan keputusan pemerintahan untuk memberinya stimulan listrik untuk warga kecil dan aktor usaha terimbas selama saat wabah Covid-19 ini.

“Semenjak awalnya wabah, PLN selalu memberikan dukungan dan terus jalankan keputusan pemerintahan untuk memberinya stimulan listrik untuk warga kecil, dan aktor usaha yang terimbas Covid-19. Karena awalnya pernah kami kerjakan, kami percaya pendistribusian masa ini akan berjalan mulus,” katanya, seperti diambil dari info sah perseroan, Minggu (04/07/2021).

Berdasar surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulan masa Juli- September 2021, besarannya ialah seperti berikut:

  1. Konsumen setia kelompok rumah tangga daya 450 Volt Ampere (VA), usaha kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberi potongan harga biaya listrik sejumlah 50% dengan optimal pemakaian 720 jam hidup.
  2. Konsumen setia kelompok rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberi potongan harga sebesar biaya listrik 25% dengan optimal pemakaian 720 jam hidup.
  3. Pembebasan ongkos beban atau berlangganan, dan pembebasan ketetapan rekening minimal sejumlah 50% untuk konsumen setia industri, usaha, dan sosial.

PLN juga mengharap kehadiran stimulan listrik bisa menggerakkan warga dan aktor usaha masih tetap produktif, dan tingkatkan daya membeli warga di tengah-tengah Wabah Covid-19

Lalu, bagaimanakah cara terhubung potongan harga listrik ini?

Bob menerangkan, untuk konsumen setia pascabayar, potongan harga diberi secara langsung menggunting bill rekening listrik konsumen setia. Sementara untuk konsumen setia prabayar, potongan harga biaya listrik diberi saat pembelian token listrik.

“Untuk konsumen setia prabayar daya 450, tidak perlu terhubung token, baik di web, service Whatsapp, atau lewat program PLN Mobile. Stimulan langsung akan diperoleh saat beli token listrik,” lebih Bob.

Khusus untuk pembebasan ongkos beban, berlangganan, dan pembebasan ketetapan rekening minimal, pemberian stimulan akan diberi secara automatis dengan menggunting bill rekening listrik customer sosial, usaha dan industri. Potongan sejumlah 50% cuman diberi untuk ongkos beban/berlangganan dan ongkos penggunaan rekening minimal.

Awalnya, selama setahun 2020, semenjak bulan April, pemerintahan lewat PLN sudah salurkan stimulan listrik sejumlah Rp 13,15 triliun ke 33,02 juta konsumen setia. Sedang pada triwulan III Juli -September 2021 ini pemerintahan sudah membagikan bujet sejumlah Rp 2,33 triliun untuk stimulan listrik.

Untuk memberinya service ke konsumen setia berkaitan stimulan, PLN buka aliran aduan lewat program PLN Mobile yang bisa didownload lewat Playstore atau AppStore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *