Gadget

5 Tips Membeli Laptop

Membeli laptop itu perlu mengetahui kebutuhannya untuk apa. Beberapa orang pasti menilai laptop yang penting dari desainnya, ada juga dari warnanya, dan juga ada yang dari performanya.

Apalagi ketika pandemi covid-19 seperti sekarang, semua aktivitas dilakukan dari rumah. Untuk orang yang sedang bekerja dari rumah mungkin mindsetnya yang penting bisa digunakan untuk bekerja sehari-hari dari rumah alias work from home. Berbeda dengan pelajar atau mahasiswa.

Kebutuhan mereka pasti untuk belajar online dari rumah, mengerjakan laporan atau tugas, bahkan dari sebagian ingin bermain games dari laptop tersebut. Para pelajar dan mahasiswa harus tahu cara merekam layar laptop supaya bisa mempermudah kita mengulang-ulang kembali apa yang diberikan oleh dosen.

Cara Membeli Laptop agar Tidak Salah Pilih

  • Memilih berdasarkan processor laptop
    Untuk pilih laptop yang baik, samakan lebih dulu dengan keperluan kamu. Apa kamu ingin mempunyai laptop untuk kerja, bermain game, atau untuk memproses multimedia, atau bahkan juga ingin melakukan semuanya sekaligus? Itu mungkin terjadi, tapi sudah pasti dibandrol pada harga yang mahal.

    Bila kamu ingin memiliki laptop yang kuat dalam kerjakan multimedia, karena itu kurang lebih panduan pilih laptop yang berkualitas buat kamu ialah membeli laptop yang memberikan processor Intel Core, minimum Intel Core i5 angkatan keempat atau Haswell. Processor ini telah populer kuat dan siap untuk menyikat beberapa hal seperti multimedia.
Tips Membeli Laptop Processor 9


Tidak berarti processor AMD tidak kuat, ya. Processor AMD bagus untuk bermain game dengan frame per second yang lumayan tinggi. Pada laptop yang telah mengangkat processor AMD A8, baik sekali dipakai saat bermain game sekelas GTA V. Tidak ada lag yang dirasa cukup mengusik.

Ketidaksamaan di antara processor AMD dan Intel sendiri hampir sama saat kamu memakainya untuk tugas standard . Maka, kamu tentu tidak perlu spesifikasi terlampau bagus dan mahal bila cuman untuk beberapa pekerjaan enteng. Minimal, sama seperti yang sudah disebut sebelumnya, processor yang perlu kamu tentukan itu telah minimum Intel Core i5 atau AMD A8 agar netbook kamu tidak mudah nge-lag bila setiap saat kamu memakainya lumayan berat dibandingkan awalnya.

  • Ukuran Laptop
    Wajib memilih ukuran laptop baru yang ingin dibeli sesuai dengan kebutuhan. Ukuran monitor yang kamu tentukan, tentu saja akan mempengaruhi ukuran laptop. Seharusnya, pilih laptop yang paling cocok buat kamu. Jika kamu perlu portabilitas tinggi, pilih laptop sama ukuran kecil. Dengan itu, kamu dapat mobile, beralih secara mudah karena dimensinya kecil.
Tips Membeli Laptop : Ukuran Laptop

Laptop yang mobile umumnya mempunyai monitor memiliki ukuran 12,5 inch sampai 13,3 inch. Laptop seperti ini punyai berat di antara 1 kg sampai 1,5 kg. Walau demikian, jarang laptop sama ukuran itu punyai detail yang betul-betul kuat. Kamu tidak mendapati laptop dengan processor Intel Core i7 di piranti sekecil ini. Jika kamu perlu laptop yang memiliki tenaga tinggi, baik itu untuk masalah design atau gaming, harus, kamu harus pilih laptop sama ukuran besar. Masalahnya body tebal diperlukan untuk simpan elemen yang memiliki tenaga. Umumnya, laptop seperti ini punyai monitor memiliki ukuran 14 inch sampai 17,3 inch. Beratnya sendiri dapat capai 2 kg.

  • Memilih RAM
    RAM (random access memory) merupakan komponen penting dalam PC game apa pun. Menambahkan lebih banyak RAM dapat meningkatkan responsivitas sistem dan meningkatkan frame rate jika dibandingkan dengan sistem yang memiliki memori lebih sedikit.

    Fungsi RAM adalah untuk menyimpan data jangka pendek yang diperlukan PC untuk beroperasi dengan baik. Tetapi tidak seperti hard disk drive atau SSD (solid-state drive), yang menyimpan data tanpa batas waktu, RAM melakukan reset tiap kali sistem mengalami reboot. RAM adalah “memori volatil”, yang berarti RAM hanya menyimpan data saat memiliki daya, kebalikan dari HDD atau SSD yang “non-volatil”. Program dimuat ke RAM untuk sementara ketika digunakan, namun berada dalam drive penyimpanan secara permanen (hingga dihapus).

Tips Membeli Laptop: RAM

Komputer memerlukan akses cepat ke data sementara untuk menjalankan program dan melaksanakan tugas. PC game modern, misalnya, perlu mengambil aset karya seni dengan cepat. Game membaca dan menulis data ke RAM karena tingkat kecepatannya lebih tinggi daripada mengakses data ke perangkat penyimpanan.

Contoh, kalau menggunakan Windows 10, maka kamu perlu menggunakan RAM sebesar 8 GB minimum untuk laptop gaming. Semakin besar RAM yang dipasang, laptop bisa memainkan game-game berat sekalipun. Selain sembilan hal di atas, kamu juga wajib memerhatikan soal garansi, fitur-fitur pendukung tambahan, keamanan, sampai yang paling penting ialah budget. Kamu tidak akan bisa membeli laptop impianmu jika dana tidak mendukung. Selain itu, sesuaikan juga laptop yang ingin dibeli dengan kebutuhan sehari-hari, ya. Jangan sampai over budget juga.

  • Memilih Baterai
    Baterai sangat penting saat membeli laptop baru. Rerata, laptop yang dipasarkan mempunyai ketahanan battery kurang lebih 6 – 8 jam. Harus dianggap, ketahanan battery sedikit susah diukur karena bergantung penggunaan laptop, apilkasi yang digerakkan, dan tipe processor yang digunakan. Karena itu, benar-benar disarankan untuk membaca beragam pembahasan masalah netbook yang ingin kamu membeli. Yakinkan kamu sanggup menjaga battery laptop sebagus mungkin agar performnya masih tetap oke. Misalkan, tidak lakukan charge terus-terusan, tidak menanti sampai battery betul-betul habis atau 0%, baru di-charge, atau menge-charge netbook pada kondisi mati.
Tips Membeli Laptop: Milih Baterai
  • Memori Internal dari Laptop
    Media penyimpanan sejeniskan harddisk banyak diputuskan pada periode kemarin. Walau punyai kemampuan super-besar, umumnya harga tidak begitu mahal. Bandingkan dengan SSD. Walau kecil dan kuat, harga dapat disebut lebih mahal. Harga SSD 128 GB dapat 2x lipat harddisk. Walau demikian, SSD saat ini banyak diputuskan. Argumennya simpel, SSD tawarkan kecepatan yang lebih tinggi dari harddisk. Sangat perlu laptop untuk simpan banyak data, seharusnya tentukan saja laptop berbasiskankan harddisk. Jika kamu perlu kecepatan, sebagaimana untuk main games atau design, tentukan saja SSD. Satu perihal yang perlu kamu ingat, laptop dengan SSD memiliki besar, umumnya punyai harga yang mahal ya. Umumnya, laptop dengan SSD 512 GB punyai harga tambah mahal dari laptop dengan harddisk 2 TB.
Tips Membeli Laptop: Memori Laptop

Baca juga: Cara Mendapatkan Diskon Listrik PLN